Jurnal Informasi

Aktual & Berimbang

Upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Bandung ke-381

Soreang – Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung menggelar upacara dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Bandung yang ke-381 di lapangan Upakarti Soreang, Rabu 20 April 2022.

Menurut sejarah, Kabupaten Bandung lahir melalui Piagam Sultan Agung Mataram, yaitu pada tanggal 9 bulan Muharram tahun Alif atau sama dengan hari sabtu tanggal 20 April 1641 Masehi. Bupati pertamanya adalah Tumenggung Wiraangunangun (1641-1681 M). Dari bukti sejarah tersebut ditetapkan bahwa 20 April sebagai Hari Jadi Kabupaten Bandung.

Selain dalam rangka memperingati hari Jadi Kabupaten Bandung, upacara tersebut sekaligus untuk meperingati hari Kartini ke-143 yang jatuh pada tanggal 21 April 2022.

Upacara yang di pimpin oleh Bupati Bandung, H. Dadang Supriatna, S.I.P., M.Si tersebut dihadiri oleh para Camat, Dinas, Kepala Desa Se-Kabupaten Bandung, TP-PKK, OPD dan para tamu undangan lainnya.

Bupati Bandung kepada awak media menjelaskan di tahun ke 381 Kabupaten Bandung ini beliau akan lebih berfokus dalam peningkatan ekonomi masyarakat dan pembangunan jalan tol yang menghubungkan Soreang-Ciwidey-Pangalengan.

“Karena kita bikin jalan tol Soreang, Ciwidey dan Pangalengan. Kemarin pak Gubernur menyatakan ingin menyelamatkan peningkatan pemulihan perekonomian masyarakat Jabar Selatan. Jadi bukan hanya sampai Rancabali tapi bisa sampai ke Cidaun, cianjur” Kata H. Dadang.

Wakil Bupati Bandung, H Syahrul Gunawan, S.E berharap di hari jadi Kabuaten Bandung ke-381 ini masyarakat mampu meneruskan cita-cita dari pendahulu dalam memperkuat Kabupaten Bandung sebagai pusat kota, pusat ekonomi, pusat budaya dan pusat wisata.

“Saya kira kita perlu meneruskan cita-cita para pendahulu kita, bagaimana ketika Soreang ini menjadi tempat yang baru. Dan menurut saya, sebagai City Center (pusat kota) belum mencerminkan, jadi harapan saya ini bisa kita kuatkan sebagai pusat ekonomi, budaya, dari keseluruhan yang ada di Kabupaten Bandung, 31 Kecamatan terpusat disini.” Pungkas Syahrul.

Beliau menambahkan kebijakan-kebijakan pemerintah dihatapkan bisa mendukung masyarakat dalam pemulihan ekonomi. (Nadila)

Baca Juga  Job Fair Dan Bazar Ramadan Di MPP Berbagai Macam Produk Home Industri Terkoordinir Oleh Disperindag.