Jurnal Informasi

Aktual & Berimbang

Reses H cucun Fraksi PKB Di Gedung Graha Desa Cibodas

Cibodas – DI Ketua Fraksi PKB DPR RI H. Cucun Ahmad Syamsurijal menyatakan pihaknya akan mendorong agar rencana pembangunan Jalan Tol Soreang-Ciwidey-Pangalengan (Tol Socipa) untuk menjadi program strategis nasional.

Menurut Cucun, pembangunan Tol Socipa ini sangat strategis untuk membangkitkan lagi perekonomian dan pariwisata di Bandung selatan yang selama ini terpuruk akibat pandemi Covid-19.

“Destinasi wisata di Bandung selatan ini merupakan destinasi yang perlu ditumbuhkembangkan karena potensinya yang luar biasa. Saya sudah menerima aspirasi tentang rencana pembangunan Jalan Tol Soreang-Ciwidey-Pangalengan, yang akan saya maksimalkan berupaya untuk menjadi program strategis nasional,” ungkap Cucun usai menggelar reses IV masa persidangan 2021-2022 di Kecamatan Pasirjambu, Sabtu (16/4/2022).

Anggota Komisi III DPR RI ini menyebutkan ada beberapa yang skema yang akan diupayakan antara lain konsep pariwista reborn, di mana Menteri Parekraf sudah punya konsep bagaimana membangun kembali wisata yang sudah terpuruk akibat pendemi Covid-19.

“Untuk kembali membangkitkan pariwisata ini harus segera dilakukan tahapan-tahapan yang bisa memcepat pertumbuhan ekonomi dan pengembangan pariwisata di daerah tersebut,” jelasnya.

Selama ini, kata Cucun, Jalur Pasirjambu-Ciwidey-Rancabali (Pacira) menjadi destinasi wisata andalan Kabupaten Bandung. Namun masih terkendala dengan kemacetan akibat akses yang sudah kurang memadai seiring makin banyaknya para wisatawan yang berdatangan.

“Saya melihat accessibility di Jalur Pacira ini kan perlu dikembangkan agar bisa bebas hmabatan. Salah satunya dengan pembangunan jalan tol dan ini akan saya bawa ke Jakarta agar bisa menjadi program strategis nasional,” jelas anggota DPR RI Dapil Jawa Barat II ini.

Cucun menilai pembangunan Jalan Tol Socipa merupakan program yang sangat bagus untuk makin meningkatkan kunjungan wisatawan.

“Orang kan kalau akses menuju destinasi wisatanya bagus dan lancar, akan lebih banyak lagi yang berdatangan. Kalau macet terus kan orang jadi kapok untuk berkunjung,” tukasnya.
Perekonomian masyarakat pun, imbuhnya, akan lebih cepat tumbuh dalam rangka pemulihan ekonomi.

Baca Juga  PKB Kabupaten Bandung Targetkan Menang Pada Pileg 2024

“Kalau masalah penggunaan lahan hutan untuk keperluan jalan tol kan sudah ada aturannya, regulasinya jelas. Jadi, jangan khawatir. Lagi pula hutannya pun statusnya milik negara yang akan digunakan untuk kepentingan negara,” pungkasnya (Nadila).