Jurnal Informasi

Aktual & Berimbang

Hj. Sari Sundari : Ada Rumah Untuk Lansia, Disediakan Khusus Oleh Pemerintah

Cimaung – Anggota DPRD Jawa Barat Fraksi PKS Dapil II JABAR (Kabupaten Bandung), Hj. Sari Sundari, S.Sos., MM. menggelar reses di Desa Warjabakti Kecamatan Cimaung pada hari Senin, 18 April 2022.

Tujuan dari reses ini yaitu untuk mensosialisasikan lima Rancangan Peraturan Daerah yang akan digulirkan di tahun 2022, salah satunya tentang Kesejahteraan Lanjut Usia. Seperti yang dikatakan Hj. Sari kepada awak media :

“Jadi ada lima rancangan peraturan daerah yang akan digulirkan di tahun 2022 ini, yang salah satunya adalah tentang Kesejahteraan Lanjut Usia. Jadi bagaimana nanti Kesejahteraan Lanjut Usia ini negara hadir, pemerintah hadir untuk lanjut usia. Jadi didalamnya ada 14 bab dan 58 pasal nanti yang akan dibahas, dan sebetulnya kami menginginkan apasih yang diinginkan masyarakat tentunya, terutama para lanjut usia yang keluarganya tidak bisa mengurus” Ucapnya.

Menurut Hj. Sari ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap para lansia, terutama lansia yang tidak memiliki keluarga untuk mengurus.

“Sebetulnya mereka (para lansia) ini adalah tanggung jawab dari keluarganya, tanggung jawab anak-anaknya, seperti yang dikatakan Al-Qur’an dan Sunnah, kita harus merawat orang tua sampai mereka tua. Tapi kenyataannya keluarganya tidak memperhatikan, atau mereka yang tidak memiliki keluarga para lanjut usia ini menjadi (mohon maaf) hidup dijalanan, karena mereka secara ekonomi sudah tidak produktif. Nah dimana di peraturan daerah ini pemerintah hadir untuk Kesejahteraan Lanjut Usia.”

Hj. Sari menambahkan bahwa pemerintah akan menyiapkan Rumah Lansia atau Panti Jompo yang nantinya akan dibiayai oleh pemerintah. Hal tersebut sebagai antisipasi dari pemerintah agar para lansia dapat terlindungi, terjamin dan tidak ada lagi yang terlantar di jalanan.

“Pemerintah provinsi Jawa Barat tentunya, dari Dinas Sosial itu nantinya akan lebih menampung, ada rumah untuk lanjut usia, disediakan khusus. Kita kan selama ini mengenal panti Jompo, tapi panti Jompo itu nantinya adalah yang di biayai oleh pemerintah. Panti Jompo itu kan ada swasta, nantinya ada juga panti Jompo yang di biayai oleh APBD. Ini untuk menampung agar lanjut usia ini tidak lagi terbengkalai, tidak lagi dijalanan, karena tidak memiliki keluarga atau keluarganya tidak memiliki kemanapun untuk merawatnya.” Pungkas Hj. Sari.

Beliau juga berharap para keluarga dari lansia yang masih memiliki kemampuan finansial agar bersedia merawat orang tua maupun anggota keluarganya yang sudah lanjut usia. Dan bagi keluarga yang tidak memiliki kemampuan finansial untuk segera mengantarkan lansia tersebut ke panti Jompo ataupun Dinas Sosial. (Nadila)

Baca Juga  PKB Kabupaten Bandung Targetkan Menang Pada Pileg 2024