Jurnal Informasi

Aktual & Berimbang

Sertifikasi Kompetensi Profesi, Sumber Daya Manusia Ekonomi Kreatif, Subsektor Fotografi

Bandung – Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar acara Pembukaan Uji Kompetensi Profesi Subsektor Fotografi di Hotel Sany Rosa, Kota Bandung Jawa Barat pada Jum’at, 25 Maret 2022.

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua LSP Fotografi Indonesia, Kepala Disbudpar Kota Bandung, Subkoordinator Uji Kompetensi, Direktorat Standardisasi Kompetensi, Deputi Bidang Sumberdaya Kelembagaan, dan para peserta Sertifikasi Kompetensi Profesi sebanyak 50 orang dari berbagai daerah se-Jawa Barat.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, do’a bersama, persembahan tarian daerah, sambutan dari Ketua LSPFI, Kadis Deputi Bidang Sumberdaya, dan Assessor Dewan Juri, dilanjutkan dengan penyerahan Plakat secara simbolis.

Ketua LSP Fotografi Indonesia, Ricky Purnamahadi, S.T berharap dengan adanya Uji Kompetensi Profesi ini para fotographer se-Indonesia memiliki bekal keahlian agar mampu menghadapi persaingan global.

“Kami mengharapkan bahwa fotographer seluruhnya, terutama di Indonesia itu memiliki bekal sertifikasi profesi untuk menghadapi persaingan yang global. Nanti akan ada sertifikasi di bidangnya masing-masing. Ini adalah langkah awal untuk menjadi fotographer secara professional, mereka yang sudah bekerja di bidang itu mempunyai standar kompetensi.” Kata Ricky Purnamahadi, S.T.

Beliau menambahkan bahwa sekarang pemerintah pun sudah mulai bergerak untuk menggunakan fotographer yang bersertifikat untuk acara kepemerintahan.

Kadis Deputi Bidang Sumberdaya, Wahyu Hidayat menjelaskan terselenggaranya acara Uji Kompetensi Profesi ini bertujuan agar para fotographer bisa terakomodir untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik kedepannya.

“Harapan kami bahwa pemuda-pemuda atau para fotographer yang ada di Bandung bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dengan sertifikasi uji kompetensi. Kami selalu berkolaborasi dengan LSP-LSP terutama LSP Fotografi. Harapan kami kedepannya agar kegiatan ini berjalan dengan baik dan harapan kami yang utama bahwa fotographer-fotographer yang ada di bandung bisa terakomodir untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, sesuai dengan apa yang disampaikan Ketua LSPFI, mereka para kawula muda maupun pekerja-pekerja untuk Fotografi di Jawa Barat, pada saat Uji Kompetensi menjadikan salah satu modal untuk pekerjaan lebih baik kedepannya.” Ucap Wahyu Hidayat.

Kenny Dewi Karniasari selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung sangat mengapresiasi dengan terselenggaranya Sertifikasi Kompetensi Profesi ini.

“Saya selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya untuk Kemenparekraf dan juga dari lembaga Sertifikasi Kompetensi Profesi yang sudah menyelenggarakan sertifikasi terutama untuk para fotographer, karna ini sangat dibutuhkan oleh teman-teman dari fotographer untuk lebih meningkatkan motivasi, juga bisa bersaing nantinya dengan fotographer-fotographer dari luar Indonesia. Siapa tau nanti fotographer dari Kota Bandung bisa berkiprah di taraf internasional” Ucap Kenny Dewi Karniasari.

Hal senada diungkapkan Ketua Asosiasi Professi Fotografi Indonesia, Imam Budi.

“APFI Jawa Barat mencoba mendorong anggota se-Jawa Barat untuk ikut Uji Kompetensi Profesi, karena ini sangat bermanfaat. Dan ini alhamdulillah bantuan dari LSP, kemudian bantuan dari kementrian Pariwisata untuk mensertifikasi teman-teman pelaku Fotografi di Jawa Barat.” Ungkapnya.

Beliau pun berharap kedepannya AFPI dan seluruh fotographer di Indonesia, khususnya di Jawa Barat lebih baik lagi dan betul-betul kompeten di bidangnya masing-masing.

Reporter : Nadila

Baca Juga  Perumda Air Minum Tirta Raharja, Ajak Masyarakat Bijak Dalam Gunakan Air